Jumat, 19 Oktober 2018

LKS 2K18

Parongpong - Newsroom.  SMP DTBS pada pekan ini alhamdulillah telah melaksanakan kegiatan LDKS 2018. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ini merupakan salah satu program andalan kepemimpinan di SMP DTBS Putra, dimana santri ditempa, dibina, dilatih semaksimal mungkin agar memiliki jiwa yang kuat. Sejalan dengan program karakter khas Daarut Tauhiid yaitu KARAKTER BAKU (BAIK dan KUAT). Karakter yang menjadi program di SMP DTBS Putra adalah karakter Baik yang terdiri dari karakter ikhlas, karakter jujur, karakter tawadhu. Ikhlas dalam segala hal, ikhlas melakukan pekerjaan yang bukan pekerjaannya, ikhlas membuang sampah yang tidak BRTT (Bersih, Rapi, Tertib, Teratur). Jujur dalam perkataan dan perbuatan, jujur menjadi sebuah pondasi utama dalam kehidupan. Tawadhu dalam bersikap, rendah hati serta ramah tamah kepada orang lain. Menghormati guru, musyrif, dan seluruh civitas yang ada serta selalu melakukan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun).

 

Karakter selanjutnya adalah karakter kuat, karakter ini meliputi karakter berani, karakter displin, karakter tangguh. Karakter Kuat ini adalah karakter yang membentuk jiwa-jiwa siswa menjadi jiwa yang pemberani, pantang menyerah dan pantang mengeluh. Melakukan segala kebaikan dengan penuh itikad yang kuat tanpa mengharapkan imbalan. Menjadi seorang siswa yang mampu mengatasi segala permasalahan yang ada dalam dirinya.

 

Karakter berani adalah karakter yang berani mengakui kesalahan dan berani bertanggung jawab atas kesalahannya, serta berani mengambil resiko. Disiplin dalam berbagai kegiatan, terutama Disiplin Ibadah (salat, Quran, Dzikir), Disiplin Menimba dan Mengamalkan Ilmu, Disiplin Mujahadah, Disiplin Waktu, disiplin BRTT (Bersih,Rapi,Tertib,Teratur) Sehingga kita menjadi muslim yang berdisiplin dalam segala hal. Selanjutnya yaitu karakter tangguh menjadi program karakter andalan di SMP DTBS Putra, tangguh menghadapi segala rintangan dan halangan.

 

Kegiatan LKS ini dilaksanakan dari hari rabu – jumat, 17 – 19 Oktober 2018 bertempat di Ciajnggel Cisarua. Kegiatan ini diikuti oleh santri kelas VII berjumlah 128 orang dan santri kelas VIII yang belum mengikuti LKS ditahun sebelumnya berjumlah 10 orang. Menurut Ihcsan salah satu peserta LKS santri kelas VII menuturukan , “Kegiatan LKS ini melatih kita untuk disiplin dalam segala hal, seru pokoknya. Apalagi kegiatan solo bivaknya dimana kita harus membuat terpal sendiri, hanya ditemani oleh lilin dan senter. Melakukan solat tahajud sendiri serta mengingatkan kita tentang kematian, seru pokoknya asik. Sama kita membuat surat cinta untuk Allah dan kedua orangtua mengungkapkan isi hati kita.”

 

 “LKS ini pun melatih seluruh santri untuk mandiri, tidak bergantung kepada orang lain. Jika di rumah dengan segala fasilitas yang serba ada, sementara di asrama, santri dilatih untuk mampu bertahan dengan segala problematika kehidupan di pesantren, segala bentuk kekurangan yang berada di pesantren, dalam hal sarana dan prasarana,. Diharapkan santri mampu memiliki dan menjiwai KARAKTER BAKU ( Baik dan Kuat).” Ungkap Duden Aminudin,S.Pd., selaku Kepala Sekolah SMP Daarut Tauhiid Boarding School Putra (DTBS PUTRA) saat dimintai keterangan tentang kegiatan ini, Jumat (19/10/18).

 

Al-Quran yang merupakan kalam Allah yang juga pedoman hidup kita telah mengajarkan kedisiplinan agar membuat hidup menjadi lebih teratur. Sesuai dengan Firman ALLAH S.W.T yang artinya: “Dan sesungguhnya kami tatkala mendengar petunjuk (Al Quran), kami beriman kepadanya. Barangsiapa beriman kepada Tuhannya, maka ia tidak takut akan pengurangan pahala dan tidak (takut pula) akan penambahan dosa dan kesalahan.”(Q.S. Al Jinn:13).

Semoga dengan adanya kegiatan LKS ini membuat hidup menjadi lebih teratur dan nyaman. Oleh karena itu “Tiada Prestasi Tanpa Disiplin” “Tiada Kesuksesan Tanpa Disiplin”.



Remaja mana yang tidak tahu K-Pop? Pantaskah K-Pop dikonsumsi remaja Islam? More

Humas SMP DTBS Putra More

Pengumuman Kelulusan Seleksi PPDB SMP DTBS Tahun Ajaran 2017-2018 Pelaksanaan Seleksi 28 Januari 2017 More



© 2023 smpdtbs All rights reserved.