Selasa, 20 September 2016

PSIKOTES KELAS 7

A.    KEGIATAN TES PSIKOTES KELAS VII

Oleh : Herri Setiawan, S.Pd

Ketua Pelaksana : Muhamad Yunus, S.Pd

Tujuan dari Tes Psikotes

 Tes Psikologi digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan secara mental dan apa-apa yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, intelegensi, atau bahkan fungsi neurologis.

Sebagaimana yang telah diungkapkan dalam tulisan diatas. Inti pengukuran adalah untuk meramalkan konatif (kecenderungan perilaku) yang diperoleh melalui psikotes (tes kognitif dan afektif) maupun assessment (mengungkap konatif secara langsung).

Definisi/ Pengertian/ Penjelasan dari Tes Psikotes

Tes Psikologi atau lebih dikenal sebagai Psikotes adalah tes untuk mengukur aspek-aspek individu secara psikis, dalam hal ini yang diukur adalah kecenderungan perilaku. Tes biasanya berbentuk tertulis namun dalam beberapa tes ada juga yang bersifat verbal atau visual. misalnya saja evaluasi yang teradministrasi untuk mengukur fungsi tertentu. Yang paling umum adalah mengenai kognitif (biasa disebut intelligence atau IQ), dan afektif (lebih bersifat personality atau juga emosional).Adapula yang mengukur langsung secara konatif, biasanya umum dilakukan dalam tes assessment. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa.

Aplikasi dari Tes Psikotes

Tes Psikologi dapat dilakukan pada bermacam setting termasuk rekrutmen dalam perusahaan, mengetahui minat dan bakat anak / siswa, tujuan bersifat klinis untuk melihat lebih detail gangguan perilaku yang muncul, perkembangan anak, atau kustomisasi design dan modul dalam suatu pelatihan ataupun training (biasanya banyak dikembangkan dalam Outbound Management Training).


Keperluan Pendidikan

Jasa pemeriksaan psikologis juga meliputi Pengukuran, Bimbingan konseling, dan Pelatihan untuk pendidikan. Dari mulai Playgroup, TK, SD, SMP, dan SMU. Arah pemeriksaan dapat ditujukan untuk mengukur intelegensi (IQ), arah minat dan bakat, keajegan belajar, konsentrasi, kematangan emosional, interaksi sosial, kepercayaan diri, dan lain sebagainya. Sehingga berdasarkan hasil tes psikotes di SMP ECO PESANTREN DAARUT TAUHID BANDUNG,menyimpulkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan, minat, dan bakat santri.



Class Meeting Santri SMP DTBS Putri

Senin, 11 Desember 2017

Kegiatan Class Meeting menjadi daya tarik tersendiri bagi santri SMP Daarut Tauhiid Boarding School Putri More

Berikut merupakan pengumuman hasil Try Out Sahabat (TOS) 2017 yang dilaksanakan pada 19 Februari 2017 More

PENGUMUMAN TES PPDB IKHWAN

Selasa, 02 Februari 2016

Tes Tanggal 30 Januari 2016 More

Pengumuman Kelulusan Seleksi PPDB SMP DTBS Tahun Ajaran 2018-2019 Pelaksanaan Seleksi 13 Januari 2018 More



© 2015 SMP DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL. All rights reserved.