Rabu, 27 Januari 2021

Menyiapkan Pribadi Tangguh dan Kreatif, Direktorat Pendidikan Daarut Tauhiid Gelar Training Motivasi

Dalam upaya meningkatkan semangat siswa mengikuti pembelajaran daring, Direktorat Pendidikan Yayasan Daarut Tauhiid Bandung melaksanakan kegiatan Training Motivasi dengan mengangkat tema “Menjadi Pribadi Tangguh dan Kreatif di Masa Pandemi”, Jumat (22/01/2021). Kegiatan ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh seluruh siswa di satuan pendidikan Daarut Tauhiid, salah satunya SMP Daarut Tauhiid Boarding School Kampus Putra, dengan menghadirkan motivator yaitu salah satu pengajar di Universitas AMIKOM Yogyakarta, Erik Hadi Saputra, S.Kom., M.Eng..

Kegiatan Training Motivasi diawali dengan sambutan Wakil Direktur Direktorat Pendidikan Daarut Tauhiid, Anwar Sanusi, M.Pd.. Dalam sambutannya, Anwar Sanusi mengajak seluruh siswa untuk dapat berpikir kritis walaupun di tengah ujian pandemi seperti saat ini. “Kita diharapkan dapat berpikir kritis (critical thingking) artinya bagaimana pola berpikir sahabat-sahabat salah satunya ketika mengambil keputusan. Pendidikan adalah proses, bukan pengetahuan saja tetapi bagaimana kita bisa mengembangkan diri. Sesuai dengan tujuan pembelajaran di abad 21 bahwa kita diharapkan dapat berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Pembelajaran secara online ini adalah salah satu ujiannya,” jelasnya.

Selanjutnya, Pembina Yayasan Daarut Tauhiid, KH. Abdullah Gymnastiar, turut memberikan sambutan dan juga membuka kegiatan Training Motivasi. Aa Gym menyampaikan bahwa datangnya wabah pandemi ini adalah salah satu rahmat dari Allah SWT. Selain itu Aa Gym menyampaikan empat kunci dalam menjalani kehidupan. “Bagi orang yang beriman, wabah ini adalah rahmat dari Allah SWT. Ingatlah bahwa Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai kesanggupannya. Allah maha adil, yang membuat kita merasa menderita, sengsara, dan gagal adalah kurangnya iman,” Ujar Aa Gym.

“Ada empat kunci dalam menjalani kehidupan. Pertama, berbuat baik kuncinya adalah ikhlas, maka kita akan bahagia. Orang yang ikhlas adalah manusia tangguh. Kedua, Orang yang hebat adalah orang yang jika tergelincir ia akan segera taubat. Maka hati akan diberikan ketenangan, diberi jalan keluar dari masalah, dan diberikan pertolongan yang tidak terduga. Ketiga, fokus kepada karunia yang diberikan Allah dan selalu bersyukur. Empat, ketika datang ujian, tahan diri dan bersabar. Orang yang sabar pasti akan sukses,” lanjutnya.

Pada bagian inti acara, Erik Hadi Saputra menyampaikan kepada seluruh siswa bahwa di masa pandemi ini agar dapat menjadi pribadi tangguh kita harus memiliki karakter “POWER”, yaitu singkatan dari Positive, Optimist, Wilingness, Enthusiasm, dan Refill. “Jika kelima karakter ini ada di dalam diri, maka dapat dijadikan sebagai penguat apa yang telah kita lakukan selama ini. Dalam kondisi ini kita diharapkan dapat mengasah gergaji, siapa yang dapat mengasah dirinya selama masa pandemi ini menjadi pribadi yang kuat maka akan keluar menjadi pribadi yang dahsyat,” terangnya.

Walaupun antara pemateri dan siswa berjarak jauh tetapi Erik Hadi Saputra tetap menjalin komunikasi dua arah dengan cara bertanya langsung kepada beberapa siswa, komunikasi melalui kolom komentar di aplikasi Zoom Meeting, serta juga terdapat sesi tanya jawab siswa kepada pemateri.



Dibuka tanggal 1-25 Desember 2017 More

Jadwal Tes PPDB Indent SMP DTBS Putri TA 2017-2018 More

Pengumuman Kelulusan Seleksi PPDB SMP DTBS Tahun Ajaran 2016-2017 periode seleksi 1 s.d. 6 Desember 2015 More

PASINKA SMP DTBS PUTRI Raih 4 Piala di Ajang GSS XIII Tingkat Nasional More



© 2015 SMP DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL. All rights reserved.