Sabtu, 12 Februari 2022

SMP Daarut Tauhiid Boarding School Putra Mengeksplorasi Kuda melalui Pembelajaran Berbasis Projek

SMP Daarut Tauhiid Boarding School Putra menyelenggarakan pembelajaran berbasis projek atau biasa dikenal dengan istilah Project-based Learning (PjBL). Model pembelajaran ini dipilih karena dalam proses pelaksanaanya melibatkan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan menciptakan karya secara kreatif.

Tema PjBL pada semester genap tahun 2022 ini adalah mengenai kuda. Santri difasilitasi pembelajaran dengan kompetensi dasar yang memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi kuda dari berbagai sisi, mulai dari poin agama, sains, sosial, olahraga, matematika, bahasa dan masih banyak lagi. Selain itu, tema kuda dipilih sebagai langkah awal untuk menerapkan diversifikasi kurikulum berdasarkan potensi yang dimiliki sekolah yaitu pusat berkuda (Daarus Sunnah).

“Penyelenggaraan PjBL ini merupakan proses belajar yang melibatkan tidak hanya santri melainkan para guru untuk terus berkreasi dan berinovasi. Selain itu, hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan misi sekolah yaitu mendorong para santri untuk senantiasa berpikir ilmiah, kreatif inovatif, kritis solutif dan mampu berkomunikasi serta berkolaborasi,” ujar Kamilah Kurnia Nurlaeli selaku Wakil Kepala Sekolah SMP Daarut Tauhiid Boarding School Putra bagian Kurikulum.

PjBL tema kuda melibatkan seluruh santri dan mata pelajaran dari kelas VII – IX dengan beragam hasil akhir berupa produk yang akan dipamerkan pada puncak kegiatan “Selebrasi PjBL Kuda”. Beberapa karya yang akan dibuat santri diantaranya adalah papan infografis mengenai masing-masing kuda yang terdapat di Daarus Sunnah, video promosi untuk mengunjungi Daarus Sunnah, rancangan menu pakan kuda yang ideal, diagram profesi yang berhubungan dengan kuda dan masih banyak lagi.

“PjBL tema kali ini sangat menarik karena saya dapat belajar banyak mengenai kuda dari berbagai sisi. Memang di beberapa prosesnya agak susah, tapi tetap seru karena ada banyak praktik secara langsung, bukan hanya teori di kelas,” ucap salah satu santri, Shafwan saat dimintai kesan pesannya selama belajar PjBL tema kuda di semester ini.


Humas SMP DTBS Putra More

In House Training 2017 More

Harapannya mudah-mudahan para wisudawan bisa menjaga hafalannya. Karena menjaga itu lebih sulit dari pada menghafal. More

Nuruzzaman Festival Result 2K17

Senin, 16 Oktober 2017

Perlombaan English Club dan MHQ More



© 2023 smpdtbs All rights reserved.