Rabu, 05 Oktober 2022

Batik Mengglobal, Merdeka Produk Lokal

SMP Daarut Tauhiid Boarding School menyelenggarakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Batik Mengglobal, Merdeka Produk Global" melalui kegiatan city tour ke Batik Komar dan Saung Angklung Udjo pada Rabu, 28 September 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian agenda pembelajaran berbasis projek / Project-based Learning (PjBL).

Tujuan diselenggarakannya rangkaian projek ini adalah untuk memfasilitasi siswa mendapatkan pembelajaran eksperimental sehingga kegiatan belajar menjadi lebih bermakna.

Dalam kegiatannya, siswa mengunjungi tempat lokakarya untuk belajar mengenai jenis batik, cara membuat batik dan mengkreasikan batik dengan motif yang dimodifikasi. Dalam sambutannya, Euis Cahyati selaku koordinator projek menyatakan bahwa kegiatan ini melatih kreatifitas dan kemandirian siswa untuk mampu berkreasi dan menjadikan karyanya tersebut memiliki nilai jual.

"Dengan diselenggarakannya projek ini diharapkan dapat melatih kreatifitas siswa untuk membuat batik sebagai salah satu budaya warisan bangsa serta menumbuhkan jiwa berwirausaha."

Yuli Ridawati selaku pengawas SMP Daarut Tauhiid Boarding School menambahkan bahwa kegiatan city tour ini sangat bermanfaat karena mampu menambah wawasan mengenai batik dan seni musik tradisional.

Dalam kesempatan terpisah, Aditya Pamungkas sebagai perwakilan siswa menyampaikan kegiatan city tour sangat berkesan dan menyenangkan.

"Alhamdulillah di kegiatan city tour saya mendapat pengalaman baru, salah satunya melukis dan mencap batik. Selain itu saya juga bisa mencoba bermain instrumen angklung. Semoga kedepannya lebih banyak lagi kegiatan yang serupa", ujarnya. 

Setelah rangkaian city tour, siswa akan mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk mampu menciptakan motif batik orisinil khas Daarut Tauhiid untuk kemudian dicetak dalam beragam media yang memiliki nilai jual seperti kain, kerudung, tempat minum, case handphone, sarung dan juga gantungan kunci.


MABIT SMP DTBS PUTRA

Sabtu, 21 Januari 2017

MALAM BINA IMAN DAN TAKWA More

Melahirkan Genarasi Milenial yang Berkarakter More

PENGUMUMAN KELULUSAN SMP DTBS PUTRA More

Pelantikan OSIS SMP DTBS PUTRA

Selasa, 07 Februari 2017

Pelantikan kepengurusan More



© 2023 smpdtbs All rights reserved.