Minggu, 16 Agustus 2015

Guru MTSN Sorong Papua Studi Banding ke DT

“Kami sengaja datang jauh-jauh dari Papua ke Bandung, karena ingin belajar sistem pendidikan di DT. Kami banyak mencari informasi bahwa sekolah-sekolah milik Aa Gym bagus pendidikannya, baik akademik, maupun akhlak,” tutur Nurhaedah

Demi memberikan pendidikan yang lebih baik kepada para siswa/siswi nya, para Guru MTSN Model Sorong Papua silaturahim ke Pondok Pesantren Daarut Tauhiid. “Kami sengaja datang jauh-jauh dari Papua ke Bandung, karena ingin belajar sistem pendidikan di DT. Kami banyak mencari informasi bahwa sekolah-sekolah milik Aa Gym ini bagus pendidikan akademik maupun akhlaknya,” tutur Nurhaedah, salah seorang guru.
 
Kedatangan para guru tersebut disambut baik oleh pihak DT. Mereka dapat berdiskusi secara eksklusif dengan Mulyadi, Direktur Pendidikan DT di Aula Daarul Hidayah. Mulyadi pun dengan senang hati sharing tentang membangun karakter Baik dan Kuat (BAKU) di SMP DT.
 
“Ada empat model pendidikan di SMP DT. Pertama, pelajaran yang terintegrasi. Contohnya begini, setiap guru sebelum memulai mengajar harus mengajarkan lima ayat dari surat an-Naba. Besoknya dari ayat keenam sampai sepuluh, begitu seterusnya. Jadi, tidak hanya muridnya yang hafal, guru-gurunya pun terpacu untuk menghafal juga,” tutur Mulyadi.
 
“Kedua, pembiasan yang terstruktur, terukur dan terkontrol. Ketiga, melalui proses pemahaman, pembiasaan dan evaluasi. Terakhir dilakukan dengan kesadaran semua pihak,” tambahnya. Mulyadi juga menjelaskan tentang lima manajemen ruhiah. “Lima manajemen ruhiah juga harus diamalkan. Apa saja? Salat tepat waktu, saum sunnah, sedekah, sentuh al-Quran selalu dan salat malam,” jelasnya.
 
Para guru tampak sibuk mencatat dan merekam penjelasan dari Mulyadi. “Alhamdulillah kami jadi dapat masukan dan jujur terinspirasi dengan pendidikan di DT. Kami akan meniru dan memodifikasi, karena tidak semua bisa diterapkan di sekolah kami. Kalau sistem di SMP DT kan santri-santri nya mesantren di sini. Kalau siswa kami kan pulang ke rumah masing-masing,” ungkap Syamsul, salah seorang guru.



Aa Gym Lantik Peserta LKS SMP DT

Rabu, 28 Oktober 2015

Aa Gym menyemprot seluruh siswa dengan air yang berasal dari mobil pemadam kebakaran. Penyemprotan ini bermakna membersihkan diri dan hati mereka dari penyakit hati dan akhlak yang buruk. More

HANDLING COMPLAINT More

PENGUMUMAN TES PPDB IKHWAN

Selasa, 19 Januari 2016

TES TANGGAL 16 JANUARI 2016 More

Alifia Khairunnisa, santri kelas IX SMP DTBS Putri raih piala di lomba berbahasa Inggris se-Indonesia More



© 2015 SMP DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL. All rights reserved.