Jumat, 07 Oktober 2022

Belajar Demokrasi Melalui Pemilu Raya OPP

SMP Daarut Tauhiid Boarding School menyelenggarakan Pemilu Raya OPP (Organisasi Pondok Pesantren) pada Rabu, 5 Oktober 2022. Kegiatan diselenggarakan di Lapangan Sekolah dengan melibatkan seluruh siswa dan civitas SMP. Adapun pasangan calon ketua dan wakil ketua OPP diantaranya adalah Abdul Rauf dan Daffa Ibni, Rakha Arkana dan Arkan Putra serta Arfan Ataya dan Deandra Keanu.

Dedi Setiawan selaku Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan menyampaikan bahwa kegiatan pemilihan umum (Pemilu) merupakan salah satu sarana melatih diri untuk terlibat dalam agenda kepemimpinan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. “Kegiatan Pemilu Raya OPP merupakan salah satu agenda penting, selain berlatih demokrasi, siswa juga belajar untuk menentukan pilihan berdasarkan visi misi para pasangan calon,” tambahnya.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan, pemaparan visi misi oleh para pasangan calon, sesi tanya jawab bersama panelis dan perwakilan siswa kemudian ditutup dengan doa dan pemungutan suara.

M. Raisya Yofa sebagagi perwakilan siswa menyampaikan kesannya mengikuti Pemilu Raya OPP adalah sebuah pengalaman baru. “Kegiatan ini adalah pengalaman baru, karena sebelumnya belum pernah ada kegiatan seperti ini di SD. Saya senang bisa mendengar visi misi yang disampaikan oleh paslon ketua dan wakil ketua OPP,” tambahnya.

Pemilihan ketua dan wakil ketua OPP SMP Daarut Tauhiid Boarding School dilaksanakan setiap setahun sekali untuk regenerasi kepengurusan OPP. Para guru dan siswa juga ikut terlibat dalam melakukan pencoblosan. Harapannya dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menjadi wadah siswa untuk mengembangkan jiwa kepemimpinannya dengan optimal dan pasangan calon yang terpilih dapat menjalankan amanahnya dengan maksimal.




© 2023 smpdtbs All rights reserved.