Rabu, 29 Agustus 2018

Pendampingan Guru Kurtilas 2018

Alhamdulillah tim SMP DTBS PUTRA telah melaksanakan kegiatan pendampingan kepada guru di SMP DTBS PUTRA yang mengajar di kelas tujuh. kegiatan ini bertujuan agar seluruh guru mendapatkan pelatihan pengajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Mengutip dari laman https://www.republika.co.id/berita/kemendikbud/berita-kemendikbud/14/10/01/ncrguq-begini-proses-pendampingan-guru-untuk-kurikulum-2013 menyatakan bahwa,"Demi memaksimalkan penerapan kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melakukan program pendampingan untuk guru-guru disekolah yang baru melaksanakan kurikulum 2013 oleh guru inti sebagai pendamping.  Pendampingan guru diperlukan untuk melihat sejauh mana guru berhasil mempraktikkan konsep kurikulum 2013 di kelas. Lantas seperti apa proses pendampingan dilakukan?"

Ketua Unit Implementasi Kurikulum Tjipto Sumadi menuturkan proses pendampingan dilakukan melalui sistem In-On, in house training dan on job training, selama lima kali.“Semua guru, baik guru tematik dan guru mata pelajaran termasuk kepala sekolah akan diberi pendampingan,” ujar Tjipto.

Pertama guru dan guru inti melakukan pertemuan awal (in) untuk mendiskusikan materi pendampingan, agenda kegiatan dan informasi lain yang dibutuhkan. Selanjutnya guru melaksanakan proses pendampingan di dalam kelas. Disini guru pendamping melakukan pengawasan dan penilaian (on) pelaksanaan kurikulum 2013.

Setelahnya, kedua guru kembali melakukan diskusi pembahasan jika ada hal-hal yang perlu diperbaiki dan merumuskan langkah-langkah perbaikian. Keempat, guru kembali mengajarkan dikelas melakukan perbaikan sesuai hasil observasi (on) sebagai tindak lanjut pendampingan. Terakhir, guru menyusun laporan proses dan hasil pendampingan (in).

 “Dari situ pendamping akan memberikan masukan-masukan kepada guru cara mengajar yang baik dan memperbaiki kekurangan,” katanya.

Semoga seluruh guru yang mengajar dan mendidik selalu diberikan kesabaran oleh ALLAH S.W.T. Amin


SMP DT Gelar Mataba 2018

Kamis, 12 Juli 2018

kegiatan mataba santri baru 2018/2019 More

Dua santri akhwat raih Juara 2 dan 3 Lomba Kalighrafi se-Jabar More

Puncak kegiatan diakhiri dengan pertandingan antar-angkatan yang selalu menjadi daya tarik seluruh santri SMP DTBS Putri dari tahun ke tahun, yaitu perang badar. More

Jadwal Tes PPDB Indent SMP DTBS Putri TA 2018-2019 More



© 2023 smpdtbs All rights reserved.