Kamis, 20 Mei 2021

Club Life Skill, Tingkatkan Minat dan Bakat Siswa SMP Daarut Tauhiid Selama Bulan Ramadan

Dalam rangka meningkatkan kualitas program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), selama bulan Ramadan SMP Daarut Tauhiid Boarding School melaksanakan kegiatan Kerikil Ramadan (Kelompok Belajar Lifeskill Selama Ramadan). Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas VII dan VIII ini diselenggarakan selama dua pekan, mulai 19-30 April 2021 serta dilanjutkan dengan pameran dan penilaian karya pada 3-6 Mei 2021.

Kepala SMP Daarut Tauhiid Boarding School, dalam sambutan kegiatan penutupan (6/5) menyampaikan bahwa kegiatan Kerikil edisi Ramadan ini menekankan pada peningkatan pola pembiasaan serta penguatan pendidikan karakter dengan tema religius sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Alhamdulillah, kegiatan Ramadan yang telah terselenggara ini dikemas dalam kelompok belajar life skill yang menggabungkan kegiatan pembiasaan ma’rifatullah berupa  kegiatan ibadah baik wajib maupun sunah, kemudian pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran, serta memfasilitasi minat dan bakat siswa melalui sembilan kelompok belajar dari mulai sains, teknologi, ICT, public speaking, dan Qur’an,” ujar Duden Aminudin, S.Pd..

Seluruh siswa kelas VII dan VIII terbagi menjadi sembilan kelompok sesuai dengan minat dan bakat yang telah dipilih melalui Google Form. Sembilan kelompok tersebut yaitu, Desain Grafis, Editor Video, Journalis, Programmer, Science Club, English Club, Sport Club, SBQ (Seni Baca Qur’an), dan Public Speaking.  Setiap santri dalam kelompok tersebut memiliki tantangan untuk membuat satu produk dalam waktu dua pekan.

Kepala Sekolah dalam sambutannya juga menyampaikan harapan untuk para siswa agar ilmu dan proses yang telah didapatkan melalui program Kerikil dapat menjadi bekal untuk terus meningkatkan minat dan bakat yang telah dimiliki oleh masing-masing siswa. “Walaupun program telah selesai, tetapi para santri tetaplah menjadi kerikil-kerikil yang bisa membuat bangunan kokoh, kuat, dan indah. Artinya keterampilan, ilmu, yang sudah dimiliki ini harus terus ditambah sampai menjadi pribadi yang bermanfaat untuk diri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Santri harus siap untuk mempersembahkan yang terbaik bagi dunia dan akhirat. Belajar bukan sekedar untuk menggugurkan kewajiban, tetapi insyaallah ini akan menjadi bekal bagi para santri dalam mengarungi kehidupan,” ujarnya.

Pada kegiatan penutupan program Kerikil Ramadan, siswa dengan karya terbaik setiap kelompok mempresentasikan hasil karya yang telah dibuat. Pada kesempatan ini juga diadakan vote atau penilaian melalui aplikasi Zoom untuk menentukan tiga karya terbaik untuk menjadi juara umum.

Program kerikil yang telah dilaksanakan SMP Daarut Tauhiid Boarding School mendapatkan apresiasi dari beberapa pihak, diantaranya pengawas pembina dan komite sekolah.

“Program yang telah dibuat ini sungguh luar biasa, semua yang diinginkan oleh pemerintah yaitu meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan ada dalam program ini. Hanya perlu diperhatikan permasalahan konsistensi dalam kualitas. Mudah-mudahan dengan penuh kegigihan, semangat yang tinggi, kualitas baik dapat tercapai secara optimal dengan upaya-upaya yang dilakukan,” ujar Pengawas Pembina SMP Daarut Tauhiid, Nanang Saeful Anwar, M.Pd..

Selain itu, Komite sekolah juga menyampaikan harapan bagi para siswa setelah terlaksananya program Kerikil Ramadan. “Kami Komite sekolah sangat mengapresiasi bahwa di bulan Ramadan ini diisi dengan kegiatan yang insyaallah akan memberikan manfaat kepada santri. Harapannya dapat menjadi pembiasaan baru, bisa dipertahankan, dan dikembangkan dari apa yang telah diperoleh khususnya selama bulan Ramadan,” ujar Axhmad Riza Chairullah, Ketua Komite SMP Daarut Tauhiid Boarding School.



Kontes Roket air 2K17

Senin, 11 September 2017

Kota Baru Parahyangan More

Pengumuman Kelulusan Seleksi PPDB SMP DTBS Tahun Ajaran 2018-2019 Pelaksanaan Seleksi 9 Desember 2017 More

Pengumuman Kelulusan Seleksi PPDB SMP DTBS Tahun Ajaran 2018-2019 Pelaksanaan Seleksi 3 Februari 2018 More



© 2023 smpdtbs All rights reserved.